AsliDomino – Belum juga diterima kerja, tagihan yang harus terus dibayar, beban pekerjaan yang banyak setiap hari, tak ayal membuat orang menjadi stres. Sayangnya, stres yang terjadi terus-menerus atau kronis jika dibiarkan bisa berbuntut panjang, salah satunya menyebabkan depresi.

Nah untuk mencegah stres berujung depresi, kamu bisa melakukannya dengan cara meningkatkan hormon serotonin yang dikenal pula dengan ‘hormon bahagia’. Mengutip Healthline, serotonin merupakan neurotransmitter yang memiliki peran penting dalam fungsi tubuh. Antara lain membuat seseorang bisa tidur nyenyak, mengatur selera makan, meningkatkan daya ingat, serta memicu perasaan bahagia.

Kamu bisa meningkatkan kadar serotonin secara alami dengan melakukan hal-hal berikut ini. Apa saja?

1. Pijat

Mengutip AGEN POKER ONLINE TERBAIK, terapi pijat bisa dijadikan cara ampuh untuk meningkatkan serotonin dan melepas stres. Efek pijat tak hanya mampu menaikkan kadar serotonin, tapi juga dopamin, neurotransmitter lain yang berhubungan dengan suasana hati. Lewat pijatan, angka kortisol, hormon stres pun jadi berkurang.

Para peneliti menduga, pengaruh pijat itulah yang memengaruhi berkurangnya aktivitas janin dan memberikan hasil neonatal yang lebih baik pada grup ibu hamil yang mendapat terapi pijat.

2. Berjemur di bawah sinar matahari

Menurut hasil riset para peneliti menemukan angka serotonin cenderung lebih rendah pada musim dingin dibandingkan musim panas. Diyakini, perubahan kadar serotonin ini berkaitan dengan cahaya matahari. Kesimpulan tersebut diambil berdasarkan fakta bahwa paparan sinar matahari mampu memicu sintesis serotonin pada ekstrak khamir.

3. Olahraga

Ada banyak manfaat olahraga. Bisa membantu turunkan berat badan berlebih dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis. Ternyata, olahraga pun bisa jadi cara ampuh untuk menghindari depresi lho!

4. Makanan

Dilansir dari AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, kamu tidak bisa mendapatkan serotonin langsung dari makanan. Yang kamu dapat lakukan adalah mengonsumsi berbagai makanan sumber triptofan, jenis asam amino yang akan diubah jadi serotonin dalam otak.

Triptofan banyak ditemui pada asupan tinggi protein, seperti ikan salmon, telur, atau daging kalkun. Triptofan banyak pula terdapat pada biji-bijian, sayur bayam, serta kacang-kacangan.

5. Meditasi

Depresi terjadi ketika semakin sedikit sel-sel otak baru yang dibuat, dengan stres dan usia sebagai pemicu utamanya.

Untuk mengatasinya, bisa dilakukan lewat meditasi. Menurut studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Montreal, efek dari meditasi, bisa ‘memandikan’ sel-sel saraf dengan berbagai senyawa kimia perasaan baik, yang kemudian secara efektif mengusir stres, penyebab rendahnya kadar serotonin dan pemicu depresi.

Stres memang tak bisa dihindari, tapi bisa dikelola sehingga tak menimbulkan bahaya, baik fisik seperti berbagai penyakit kronis, maupun psikis, yakni depresi. Kamu bisa melakukan langkah-langkah di atas untuk memicu serotonin sehingga suasana hatimu selalu terjaga tetap dalam keadaan baik. Selamat mencoba!

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *