AsliDomino РJika kamu sedang mengalami stres dan tekanan, apa yang biasanya kamu lakukan? Tentu, setiap orang memiliki cara tersendiri untuk dapat mengurangi stres. Ada yang memilih untuk bermain game, mendengarkan musik, menonton film, atau jalan-jalan.

Sebenarnya masih banyak cara lainnya yang dapat menghilangkan stres, lo. Salah satu contohnya adalah dengan mengunyah permen karet. Ya, permen karet ternyata bisa membantu mengurangi stres dan cemas. Tak hanya itu, ada beberapa tips unik lainnya untuk mengatasi stres. Apa saja? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

1. Cobalah buat coretan di kertas

Melakukan coretan atau menggambar di secarik kertas bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengurangi stres. Tak perlu pandai dalam menggambar, kamu dapat menggambar apa pun yang ada di dalam pikiranmu, baik itu hanya sekadar coretan, pola, maupun gambar.

Peningkatan aliran darah pada bagian korteks prefrontal inilah yang dapat memicu perasaan senang dan mengurangi kecemasan, sehingga aktivitas menggambar dapat menjadi terapi seni untuk meredakan stres.

2. Stres dan lelah? Mandi air hangat bisa jadi solusinya

Jangan Cemas Dulu, 5 Tips Unik Ini Bisa Membantu Mengatasi Stres

Dilansir AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, siraman air hangat saat mandi akan memicu tubuh untuk melepaskan hormon endorfin, sehingga dapat mengurangi stres dan memberikan efek yang menenangkan. Mandi air hangat juga mampu meredakan ketegangan tubuh dan mengatasi kelelahan.

Sekadar informasi, endorfin adalah jenis hormon dan senyawa kimia dalam tubuh untuk mengendalikan stres dan luka. Hormon ini juga dikaitkan dengan perasaan gembira, sehingga ini membuatnya dikategorikan sebagai salah satu hormon bahagia.

Meski begitu mungkin terasa nyaman dan menenangkan, hindari mandi air hangat terlalu lama karena dapat menghilangkan kelembapan alami tubuh. Orang-orang dengan kondisi kulit eksem pun juga tidak disarankan untuk mandi air hangat karena bisa memperburuk kondisinya. Ibu hamil juga disarankan untuk berkonsultasi ke dokter bila ingin mandi air hangat.

3. Berkebun dapat menjadi “obat” untuk mengurangi stres

Jangan Cemas Dulu, 5 Tips Unik Ini Bisa Membantu Mengatasi Stres

Berkebun dapat membuat pikiran dan hati menjadi tenang. Hal itu disebabkan karena ketika sedang melakukan cocok tanam, kamu berhubungan secara langsung dengan tanaman dan alam. Interaksi langsung dengan alam nyatanya berdampak baik untuk mental.

Berkebun bahkan menjadi terapi untuk dapat mengurangi kecemasan, stres, hingga depresi. Tak perlu khawatir, untuk melakukan aktivitas berkebun tak perlu memiliki lahan tanah yang luas. Berkebun dapat dilakukan dengan menanam tanaman hidup yang dapat ditanam di dalam pot, yang berupa tanaman hias, tanaman herbal, atau bumbu dapur.

4. Mengunyah permen karet

Jangan Cemas Dulu, 5 Tips Unik Ini Bisa Membantu Mengatasi Stres

Dilansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK, mengunyah permen karet ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Aktivitas mengunyah permen dapat mengurangi stres dan kecemasan serta mampu meningkatkan konsentrasi dandaya ingat.

Khususnya buat kamu yang mencoba berhenti merokok, mengunyah permen karet bisa menjadi salah satu alternatif untuk membantu keluar dari jerat candu rokok. Pilihlah permen karet bebas gula agar lebih rendah kalori.

5. Ayo, bermain dengan hewan peliharaan!

Jangan Cemas Dulu, 5 Tips Unik Ini Bisa Membantu Mengatasi Stres

Bermain dengan hewan peliharaan seperti kucing, anjing, atau hewan peliharaan lainnya terbukti dapat menurunkan hormon kortisol, yang akan membantu mengurangi stres dan rasa cemas. Selain itu, memiliki hewan peliharaan juga dapat mengurangi rasa kesepian terutama bagi orang yang tinggal sendirian.

Kortisol itu layaknya sistem alarm bawaan tubuh kita. Ini merupakan hormon stres utama tubuh yang bekerja di bagian-bagian tertentu dari otak untuk mengontrol suasana hati, motivasi, dan ketakutan. Hormon kortisol atau yang dijuluki “hormon stres” ini diproduksi lebih banyak saat tubuh mengalami stres, baik fisik maupun emosional.

Itulah beberapa tips unik dan sederhana yang bisa membantumu mengatasi stres. Namun, bila merasa stres yang dirasakan begitu berat dan berlangsung dalam jangka waktu lama, hingga memengaruhi aktivitas sehari-hari, jangan ragu untuk minta bantuan ahli kesehatan jiwa supaya mendapat penanganan tepat dan terhindar dari dampak yang lebih serius.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *