AsliDomino – Kayu manis atau cinnamon adalah salah satu rempah yang umum ditemukan di dapur. Tidak hanya untuk masakan atau minuman, kayu manis juga digunakan secara turun-temurun sebagai obat tradisional. Intinya, kayu manis memiliki segudang manfaat jika dikonsumsi dan digunakan sesuai takaran.

Akan tetapi, tak jarang kayu manis digunakan berlebihan, misalnya dijadikan challenge tertentu di media sosial atau tidak menggunakannya sesuai dengan pedoman medis. Apakah aman? Seorang content creator di TikTok membagikan pengalaman buruknya keracunan kayu manis. Mari simak kisahnya!

1. Klaim: makan kayu manis berlebihan bisa menyebabkan keracunan

Pada 25 September 2021, akun TikTok bernama Briddy’s Story Time (@briddygarb) membagikan kisah bahwa pada tahun 2015, ia pernah terobsesi dengan kayu manis. Ia menambahkan kayu manis di berbagai hidangan, dari kopi, pasta, nasi, hingga telur. Ayah Briddy yang adalah seorang dokter sempat memperingatkannya

Setelah 1 tahun menjalani diet kayu manis, Briddy mulai mengalami masalah kesehatan dengan gejala-gejala seperti pusing dan gula darah rendah (hipoglikemia). Parahnya lagi, Briddy mengaku bahwa ia terus cedera saat berolahraga. Saat itu, Briddy langsung menghentikan konsumsi kayu manis selama 6 bulan

2. Saat cinnamon challenge viral pada 2012, banyak yang keracunan

Sempat naik daun lebih dari satu dekade lalu, dunia maya menjadi saksi cinnamon challenge. Sesuai namanya, para peserta merekam diri sendiri mencoba memakan sesendok kayu manis. Hasilnya, reaksi tersedak hingga batuk-batuk yang mengundang gelak tawa sekitarnya dan warganet.

3. Meski berkhasiat, kayu manis tetap memiliki risiko jika dikonsumsi berlebihan

Dalam video tersebut, Briddy mengatakan ayahnya telah mencari tahu mengenai kayu manis yang selama ini dikonsumsi. Kayu manis yang memang umum ditemukan adalah kayu manis cassia (C. aromaticum) yang berasal dari Asia Tenggara. Kayu manis cassia diketahui memiliki senyawa kumarin yang dapat merusak hati.

4. Kayu manis bisa untuk memperbesar bibir?

Masalahnya, sedikit bukti ilmiah yang membuktikan khasiat kayu manis terhadap kecantikan. Meski awalnya tak menyebabkan reaksi serius, jika digunakan terus-menerus, kombinasi kayu manis dan lip gloss ini dikhawatirkan dapat menyebabkan iritasi.

Oleh karena itu, praktik yang tidak didasari bukti ilmiah ini juga sebaiknya juga dihindari agar tak menyesal di kemudian hari.

5. Kecil kemungkinannya untuk keracunan kayu manis, tetapi tetap waspada

Sebenarnya kecil kemungkinan orang-orang untuk mengonsumsi kayu manis hingga di luar batas. Toh, umumnya batas konsumsi kayu manis cassia adalah 0,1 miligram per kilogram berat badan atau 1 sendok teh per hari. Lebih dari itu? Bisa berpotensi berbahaya untuk hati.

Selain itu, jangan coba-coba menghirup rempah ini. Kayu manis bisa menyebabkan iritasi paru-paru dan menyebabkan reaksi inflamasi seperti sesak napas akibat bronkospasme (ketegangan pada otot saluran udara atau bronkus). Jadi, jika seseorang mengidap alergi pada kayu manis, lebih baik hindari rempah satu ini.

Kesimpulan akhir, kayu manis adalah salah satu rempah yang memiliki segudang manfaat. Akan tetapi, manfaat ini bisa menjadi bumerang jika rempah ini digunakan dengan tidak bijak. Jadi, tetap gunakan kayu manis sesuai takaran dan fungsinya, ya!

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *