AsliDomino – Menurunkan berat badan butuh tekad kuat dan kedisiplinan, seperti mengatur pola makan yang dibarengi olahraga rutin. Namun, terlepas dari dua faktor tersebut, ada banyak hal juga yang bisa berkontribusi agar berat badan berkurang. Salah satunya adalah dengan mengendus aroma tertentu.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa beberapa aroma tertentu dapat membantu mengendalikan nafsu makan, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan upaya penurunan berat badan.

Nah, berikut adalah beberapa aroma yang disebut-sebut mempunyai kemampuan untuk membantu menurunkan berat badan.

Menurunkan berat badan butuh tekad kuat dan kedisiplinan, seperti mengatur pola makan yang dibarengi olahraga rutin. Namun, terlepas dari dua faktor tersebut, ada banyak hal juga yang bisa berkontribusi agar berat badan berkurang. Salah satunya adalah dengan mengendus aroma tertentu.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa beberapa aroma tertentu dapat membantu mengendalikan nafsu makan, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan upaya penurunan berat badan.

Dijelaskan oleh Alan Hirsch dari Smell & Taste Treatment and Research Foundation, beberapa aroma punya kemampuan untuk “menipu” otak.

“Aroma dapat membodohi otak dengan berpikir bahwa kamu telah makan banyak dan menjadi kenyang, sehingga kamu akan makan lebih sedikit,” kata Hirsch, mengutip ABC News.

Menurut Hirsch, rasa juga dapat dirasakan melalui hidung, atau lebih khusus lagi oleh saraf penciuman, yang menurutnya terkait langsung dengan bagian otak yang memberi tahu kita bahwa kita sudah kenyang.

“Dengan mencium baunya, otak akan merasakan: ‘Saya telah menciumnya, oleh karena itu saya telah memakannya, dan saya lebih baik berhenti memakannya. Saya sudah makan berlebihan,'” kata Hirsch.

Nah, berikut adalah beberapa aroma yang disebut-sebut mempunyai kemampuan untuk membantu menurunkan berat badan.

1. Peppermint

Wah, Mengendus 6 Aroma Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan!

Melansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK minyak peppermint yang memiliki aroma khas dapat meningkatkan fokus dan menjernihkan pikiran. Ini karena peppermint mampu memberi stimulasi pada saraf trigeminal. Makanya, mengendus aromanya bisa bantu kita lebih awas dan berenergi, sehingga kita jadi tak merasa lapar.

Khasiat tersebut juga sesuai dengan laporan yang diterbitkan dalam The Medical Journal Appetite. Responden diminta untuk mengendus minyak peppermint setiap 2 jam dan dilakukan selama 5 hari. Kemudian, selama 5 hari berikutnya mereka mengendus plasebo (obat kosong).

Dari situ, didapat hasil bahwa responden mengonsumsi kalori lebih sedikit, yaitu 1.800, selama mereka terpapar aroma peppermint dibandingkan saat terpapar plasebo.

2. Bawang putih

Wah, Mengendus 6 Aroma Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan!

Tak asing sebagai bumbu dapur dan olahan makanan, siapa sangka bahwa aroma bawang putih bisa bantu turunkan berat badan?

Khasiat tersebut dilaporkan dalam sebuah studi dalam jurnal Flavour tahun 2012. Dikatakan bahwa aroma yang kuat seperti bawang putih bisa membuat kita jadi makan lebih sedikit.

Makanan dengan rasa yang tajam dan memiliki aroma yang kuat dikatakan dapat membantu menurunkan berat badan.

3. Minyak zaitun

Wah, Mengendus 6 Aroma Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan!

Aroma dari minyak zaitun ternyata juga disebutkan mampu membantu menurunkan berat badan, lho.

Berdasarkan sebuah studi dari German Research Center for Food Chemistry menemukan bahwa menghirup extra virgin olive oil (EVOO) bisa menciptakan rasa kenyang yang lebih besar.

Ketika ekstrak aromatik EVOO ditambahkan ke yoghurt, partisipan mengonsumsi lebih sedikit kalori dan memiliki respons gula darah yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang diberikan yoghurt tawar tanpa tambahan ekstrak EVOO.

Penelitian tersebut juga menemukan adanya peningkatan serotonin yang lebih tinggi, yaitu salah satu hormon yang berhubungan dengan rasa kenyang.

4. Jeruk bali merah

Wah, Mengendus 6 Aroma Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan!

Masih dalam sumber yang sama, buah yang kaya akan vitamin C dan mengandung likopen ini adalah salah satu buah favorit para pelaku diet.

Studi menemukan bahwa mencium aroma grapefuit sebelum memakannya dapat membantu meningkatkan upaya penurunan berat badan.

Tim peneliti AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA di Jepang menemukan bahwa tikus yang mencium aroma grapefruit selama 15 menit mengalami penurunan nafsu makan dan berat badan. Para peneliti itu percaya hal ini mungkin ada hubungannya dengan bagaimana baunya berinteraksi dengan enzim hati.

5. Apel hijau dan pisang

Wah, Mengendus 6 Aroma Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan!

Melihat apel hijau dan pisang tentu kita akan berpikir bahwa aroma manis yang ditimbulkan dari kedua buah ini akan bikin kita ingin makan makanan manis dalam jumlah banyak. Namun, yang terjadi justru sebaliknya.

Hirsch mengatakan bahwa orang yang mengendus aroma apel hijau atau pisang saat mereka merasa lapar justru makannya menjadi lebih sedikit dan lebih mungkin untuk mengalami penurunan berat badan.

Fenomena yang ditemukan adalah sensory-specific satiety. Ini terjadi karena olfaktorius di otak terhubung ke pusat rasa kenyang, sehingga hanya dengan mencium buah-buahan ini saja dapat membodohi otak kita dan otak mengira kalau kita telah memakannya.

6. Vanila

Wah, Mengendus 6 Aroma Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan!

Aroma selanjutnya adalah vanila. Sebuah penelitian di Rumah Sakit St. George, London, menginstruksikan 200 partisipan yang mengalami kelebihan berat badan untuk mencium berbagai aroma selama 2 minggu lamanya.

Mereka yang mencium aroma vanila ternyata mengonsumsi lebih sedikit makanan dan minuman manis dibandingkan mereka yang mencium aroma lain. Subjek dalam kelompok vanila juga kehilangan berat rata-rata 4,5 pon selama masa penelitian tersebut.

Itulah beberapa aroma yang bisa membantu upayamu untuk menurunkan berat badan. Mana yang merupakan aroma favoritmu?

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *