AsliDomino – Bukan rahasia lagi jika buah merupakan makanan yang kaya akan nutrisi, vitamin, antioksidan, dan lain sebagainya. Namun, tahukah kamu, meskipun mengandung banyak manfaat baik bagi tubuh, ternyata beberapa jenis buah justru bisa merusak gigi.

Salah satu masalah gigi yang kerap dialami oleh kebanyakan orang yakni rusak atau terkikisnya email gigi, bagian terluar yang berfungsi sebagai pelindung gigi. Penyebab kerusakan pada email gigi bervariasi, seperti terlalu sering mengonsumsi buah-buahan asam dan manis. Apa sajakah itu? Yuk, simak di bawah ini!

1. Lemon

Walau Kaya Nutrisi, 5 Buah Ini Ternyata Bisa Merusak Email Gigi

Walaupun kaya akan nutrisi, vitamin, serta antioksidan, mengonsumsi buah lemon ternyata bisa berdampak pada email gigi.Perlu diketahui, gigi akan mengalami erosi jika bertemu dengan makanan atau minuman yang pH-nya di bawah 4 atau pas di 4,2 dan 4,3. Maka tak heran jika lemon bisa menyebabkan email gigi terkikis, karena buah asam ini memiliki pH sekiranya 2 atau 3.

2. Tomat

Walau Kaya Nutrisi, 5 Buah Ini Ternyata Bisa Merusak Email Gigi

Sama seperti lemon, buah tomat juga mengandung zat asam yang bisa merusak email gigi. Dilansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK tomat dalam bentuk saus, jus, hingga sop pun bisa menyebabkan erosi pada gigi.

Buah ini memiliki sifat yang sangat asam, terlepas dari bagaimana cara mengonsumsinya. Untuk mengurangi risiko erosi, konsumsilah tomat dengan mencampurkannya dengan bahan makanan lain. Namun tetap, jangan terlalu sering menikmatinya, ya!

3. Nanas

Walau Kaya Nutrisi, 5 Buah Ini Ternyata Bisa Merusak Email Gigi

Rasa asam pada buah nanas ternyata bisa membuat email gigi terkikis sedikit demi sedikit. Selain itu, nanas juga dapat memperburuk kondisi gigi sensitif.

Selain asam, rasa manis yang melekat pada nanas juga berperan dalam pengikisan email. Ini karena zat gula dapat memicu perkembangbiakan bakteri sehingga berisiko merusak gigi dari waktu ke waktu.

4. Jeruk

Walau Kaya Nutrisi, 5 Buah Ini Ternyata Bisa Merusak Email Gigi

Walaupun pH jeruk tak serendah lemon, tapi buah yang umum ditemukan ini juga bisa merusak email gigi. Bahkan,Ini karena kadar fruktosa dalam jus jeruk berbeda tipis dengan yang ada pada minuman berkarbonasi, yakni 45,5 gram untuk jus buah jeruk dan 50 gram untuk soda. Seperti diketahui, soda bisa berdampak buruk bagi kesehatan gigi jika dikonsumsi secara berlebihan.

5. Anggur

Walau Kaya Nutrisi, 5 Buah Ini Ternyata Bisa Merusak Email Gigi

Sama halnya dengan jeruk, meskipun tak memiliki kadar keasaman yang tinggi, anggur juga bisa menyebabkan kerusakan pada email gigi. Selain itu, Healthline melansir jika buah ini dapat memperburuk sariawan dan lebih rentan membuat gigi berlubang.

Untuk menghindari potensi kerusakan gigi saat mengonsumsi anggur, campurkanlah buah asam manis ini dengan bahan makanan atau buah-buahan lain. Namun, tetap harus ingat batasan, ya! Konsumsilah dalam jumlah sedang untuk mengurangi kemungkinan erosi pada email gigi.

Jadi, sudah tahu kan, rasa asam dan manis yang terkandung dalam buah-buahan di atas bisa berdampak buruk bagi email gigimu. Untuk menghindari hal itu, beberapa laman kesehatan merekomendasikan agar kamu menyikat gigimu selang 30 menit setelah memakan buah-buahan tersebut.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *