AsliDomino – Setiap perempuan pasti paham bahwa masalah menstruasi atau haid adalah siklus alami bulanan pada usia subur. Menstruasi memang sering datang dengan banyak ketidaknyamanan, seperti kram perut, perubahan suasana hati, selalu merasa lapar, dan masih banyak lagi.

Meskipun menstruasi menyebabkan perubahan dan ketidaknyamanan, tapi ada beberapa masalah atau gejala yang bisa menandakan adanya hal yang tidak beres dan perlu dikonsultasikan ke dokter. Dirangkum dari AGEN POKER ONLINE TERBAIK, apa saja masalah yang dimaksud?

1. Pendarahan hebat

Pada dasarnya, volume darah menstruasi setiap perempuan bisa bervariasi. Namun, jika kamu memperhatikan pembalut bisa penuh dengan darah hanya dalam waktu satu jam, artinya kamu mengalami menoragia, yaitu aliran darah menstruasi yang sangat banyak.

Di samping pendarahan hebat, kamu mungkin mengalami tanda-tanda anemia, seperti kelelahan atau sesak napas.

Jika kamu mengalami aliran menstruasi yang deras, kamu mungkin perlu menemui dokter untuk berkonsultasi tentang hal itu. Sebab, pendarahan menstruasi yang hebat juga bisa menjadi tanda adanya penyakit.

2. PMS yang mengganggu aktivitas

Beberapa hari sebelum menstruasi, biasanya perempuan akan mengalami sindrom pramenstruasi atauPMS. Seiring terjadinya PMS, biasanya disertai dengan perasaan depresi, perubahan suasana hati, ketidakmampuan untuk fokus, sakit kepala, perut kembung, dan kelelahan.

Jika gejala PMS ini benar-benar memengaruhi kemampuanmu untuk melakukan aktivitas, maka jangan mengabaikannya. Beberapa perempuan juga mengalami gangguan disforik pramenstruasi, yaitu perpanjangan PMS yang parah, bahkan bisa sangat mengganggu aktivitas.

3. Diare atau muntah

Beberapa perempuan biasanya mengalami sakit perut atau kram perut saat haid. Sebagian yang mengalaminya juga kadang merasakan mual, diare, atau muntah.

Jika gejala ini dirasa tidak normal dan mengganggu, itu bisa mengindikasikan radang panggul atau pelvic inflammatory disease, atau bisa juga kondisi lainnya. Karena diare atau muntah yang berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi, segera laporkan gejala ini kepada dokter.

4. Siklus menstruasi tiba-tiba menjadi tidak teratur

Rentang siklus menstruasi berbeda-beda pada setiap perempuan, tetapi rata-rata siklus berlangsung selama 25-30 hari, dengan periode tiga hingga tujuh hari.

Jika kamu memperhatikan adanya perubahan dalam jadwal menstruasi, misalnya lebih lama dari 35 hari atau lebih pendek dari 21 hari, diskusikan dengan dokter perihal masalah mendasar di balik perubahan tersebut.

Masalah kesehatan seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), gangguan tiroid, atau masalah lain dapat menjadi penyebab masalah menstruasi, termasuk siklus menstruasi yang tidak teratur.

5. Belum mendapatkan menstruasi setelah melewati usia 16 tahun

Rata-rata perempuan bisa mengalami menstruasi untuk pertama kalinya antara usia 8 dan 15 tahun. Akan tetapi, bila perempuan belum juga mengalami menstruasi hingga setelah pertengahan masa remajanya, mungkin ada sesuatu yang terjadi.

Amenore, yaitu kurang atau tidak adanya periode menstruasi, biasanya didiagnosis pada perempuan muda yang belum menstruasi pada usia 16 tahun. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh masalah hormonal dalam sistem endokrin.

Menstruasi memang kadang menyebabkan ketidaknyamanan. Namun, jika kamu mengalami satu atau beberapa masalah di atas dan itu sampai mengganggu aktivitasmu, segera temui dokter untuk mendapatkan bantuan.AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *