AsliDomino – Sama seperti nyamuk dan kecoak, lalat ada di mana-mana. Hewan bernama ilmiah Musca domestica ini sering mengganggu kita saat sedang makan. Karena hidup di tempat yang kotor, tak mengherankan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa lalat menularkan sekitar 65 penyakit!

Mau tahu, apa saja penyakit yang disebarkan oleh lalat? Dan seperti apa gejala yang ditimbulkan?

1. Escherichia coli

Lalat rumah diketahui menularkan bakteri Escherichia coli (E. coli), yang bisa menyebabkan diare, muntah, darah dalam tinja, demam, dan kram perut. Gejalanya muncul sekitar 3-4 hari setelah terinfeksi.

Sebuah penelitian dilakukan di daerah kumuh di Dhaka, Bangladesh. Selama 2 bulan, nasi diletakkan di wadah yang terbuka dan tertutup di atas tanah di area dapur.
2. Shigella

Melansir dari AGEN POKER ONLINE TERBAIK, bakteri Shigella menyebabkan infeksi yang disebut shigellosis. Gejalanya adalah demam, diare (terkadang berdarah), dan kram perut. Biasanya, gejala muncul 1-2 hari setelah terinfeksi.

3. Antraks

Antraks ialah penyakit pada manusia dan hewan yang disebabkan oleh Bacillus anthracis. Gejala terinfeksi antraks adalah timbul lepuh dan bengkak kecil, lalu berubah menjadi tukak yang tidak nyeri dengan bagian tengah berwarna hitam dan akan fatal jika tidak diobati.

4. Tularemia

Menurut data dari CDC yang dikutip oleh Outbreak News Today, ada total 1.208 kasus tularemia pada manusia yang dilaporkan sepanjang tahun 2001-2010. Dalam kasus yang langka, tularemia bisa menyebabkan kematian!

Gejala tularemia pada sebagian besar kasus adalah sakit kepala, demam, menggigil, nyeri sendi, nyeri otot, kehilangan nafsu makan, hingga timbul ulkus atau ruam pada kulit.

5. Tifus

Bakteri penyebab demam tifoid bisa ditemukan di kaki lalat yang hinggap di kotoran orang yang terinfeksi. Sangat menular, bakteri ini bisa menyebar lewat makanan atau air minum yang telah terkontaminasi.

6. Kolera

Menurut definisi dari AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA
, kolera adalah penyakit diare akut yang bisa membunuh dalam beberapa jam jika tidak ditangani. Diperkirakan, ada 1,3 juta hingga 4 juta kasus kolera dan membunuh 21 ribu hingga 143 ribu orang di seluruh dunia setiap tahun.

Nah, itulah penyakit yang bisa disebarkan oleh lalat. Jangan biarkan lalat menyentuh makananmu, ya!

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *