AsliDomino – Kamar mandi sepatutnya menjadi tempat relaksasi, tempat untuk memulai, dan mengakhiri hari. Namun, ruangan ini juga dapat menimbulkan potensi ancaman. Misalnya, kamar mandi jadi lokasi terpeleset dan terjatuh yang cukup sering.

Namun, terpeleset dan jatuh bukanlah satu-satunya bahaya yang mengintai saat kita sedang beraktivitas di kamar mandi.

1. Racun dari jamur

5 Bahaya yang Mengintai di Kamar Mandi, Harus Berhati-hati!ilustrasi jamur pada dinding (unsplash.com/Jazael Melgoza)

Kelembapan di dalam kamar mandi dapat menyebabkan terbentuknya jamur yang bukan hanya merusak keindahan kamar mandi, melainkan juga menimbulkan masalah kesehatan. Jamur dapat menyebabkan reaksi alergi bagi beberapa orang. Selain itu, jenis jamur tertentu juga dapat menyebabkan asma. Paparan terhadapnya juga sering menyebabkan gejala seperti sakit, mual, atau masalah pernapasan.

Oleh sebab itu, segera bersihkan jamur yang tumbuh di kamar mandi. Mencegah pertumbuhan jamur di kamar mandi bukan hanya penting untuk estetika, tapi juga kesehatan.

2. Bahan kimia dalam sampo

5 Bahaya yang Mengintai di Kamar Mandi, Harus Berhati-hati!

Bahan kimia formaldehida dan 1,4-dioksana yang banyak ditambahkan ke dalam sampo telah dikaitkan dengan kanker dan sejumlah kondisi kulit. Formaldehida ditambahkan ke banyak produk konsumen untuk meningkatkan umur simpannya, tetapi juga dikaitkan dengan penyakit seperti kanker. Selain itu, zat ini juga terbukti dapat menyebabkan kulit merah, terbakar, gatal, dan melepuh.

Kabar baiknya, banyak perusahaan yang sudah membuat produk yang tidak menggunakan tambahan bahan kimia berbahaya. Jadi, lain kali, sebelum memilih sampo yang ingin kamu beli, jangan lupa membaca komposisinya dan pastikan sampo pilihanmu tidak mengandung bahan kimia berbahaya

3. Pipa yang terkorosi

5 Bahaya yang Mengintai di Kamar Mandi, Harus Berhati-hati!

Pipa yang terkorosi atau yang terhubung dengan timbal dapat melepaskan logam berbahaya ini ke dalam air, yang menyebabkan peningkatan kadar timbal dalam aliran darah. Meningkatnya jumlah timbal di dalam tubuh sangat berbahaya bagi anak-anak dan ibu hamil.

Untuk itu, kamu wajib berhati-hati dengan keran atau pipa logam yang berkarat. Jika kamu menemukan karat pada pipa atau keran, jangan tunggu lebih lama untuk menggantinya.

4. Produk pembersih

5 Bahaya yang Mengintai di Kamar Mandi, Harus Berhati-hati!

Pembersih dengan bahan kuat dinilai mampu membersihkan kamar mandi dengan lebih baik, tetapi sebaiknya kamu berhati-hati dengan produk pembersih kamar mandi. Banyak pembersih komersial mengandung bahan kimia yang dapat mengiritasi mata dan kulit atau mengeluarkan asap berbahaya.

Sebagai gantinya, buat sendiri produk pembersih yang tidak mengandung bahan berbahaya, seperti cuka dan soda kue. Namun, jika kamu tetap harus menggunakan pembersih komersial, jangan lupa gunakan sarung tangan, masker, dan kacamata saat sedang menggunakannya untuk membersihkan kamar mandi.

5. Tidak membersihkan sisa sabun di lantai dan dinding

5 Bahaya yang Mengintai di Kamar Mandi, Harus Berhati-hati!

Saat mandi, terkadang tetesan sabun bisa menempel di lantai atau dinding. Bukan hanya tidak sedap dipandang, tapi ini bisa membentuk penumpukan berlendir yang dapat menyebabkan terpeleset dan jatuh saat mandi.

Kamar mandi adalah lokasi utama terjadinya insiden terjatuh yang parah, terutama untuk orang tua, jadi pastikan kamu rutin menggosok lantai kamar mandi untuk menghilangkan sisa sabun. Juga, pertimbangkan untuk menambahkan strip anti selip ke lantai atau memasang pegangan untuk mengurangi risiko terpeleset.

Mulai saat ini, kamu harus lebih berhati-hati lagi saat beraktivitas di dalam kamar mandi. Perhatikan kebersihan kamar mandi dan berhati-hatilah saat sedang berada di dalam.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *