AsliDomino – Stres bukanlah hal asing di zaman yang cepat berubah seperti sekarang. Tekanan dari luar biasanya menjadi salah satu faktor penyebab seseorang merasakan stres emosional.

Dalam hal ini, kemampuan kita untuk mengendalikan pikiran dan emosi sangatlah penting untuk mengelola stres dengan baik. Sebab, stres berat yang berkepanjangan bisa berdampak buruk bagi kesehatan, lo! Apa saja dampaknya?

1. Sakit kepala

Selain Masalah Kulit, Ini 5 Dampak Lain Stres terhadap Kesehatan 

Stres adalah salah satu pemicu umum sakit kepala. Tekanan darah yang meningkat saat stres membuat otot-otot menegang, sehingga sakit kepala pun tak terelakkan.

Hal ini dapat terjadi karena tubuh memproduksi senyawa yang menyebabkan perubahan pada pembuluh darah sebagai respons dari stres yang dialami.

2. Masalah pencernaan

Selain Masalah Kulit, Ini 5 Dampak Lain Stres terhadap Kesehatan 

Seperti yang kita ketahui, otak dan pencernaan saling berkomunikasi atau saling berhubungan. Jika ada perubahan yang terjadi pada otak akibat stres, maka itu bisa dengan mudah berdampak pada sistem pencernaan.

Stres dapat memicu terganggunya jutaan bakteri yang ada di sistem pencernaan. Proses pencernaan yang tidak normal tersebut bisa menimbulkan sakit perut, kembung, konstipasi, serta diare.

3. Obesitas atau kegemukan

Selain Masalah Kulit, Ini 5 Dampak Lain Stres terhadap Kesehatan 

Pernahkah kamu merasa ingin makan terus-menerus ketika sedang stres? Stres memang memberikan dampak berbeda bagi setiap orang.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, stres berat bisa mengacaukan kerja otak dan sistem pencernaan, yang mana hal tersebut bisa membuat orang kehilangan selera makan atau sebaliknya, merasa mudah lapar.

Dengan demikian, sebagian orang lebih berisiko untuk mengalami obesitas atau kegemukan setiap menghadapi tekanan atau stres.

4. Asma atau terganggunya pernapasan

Selain Masalah Kulit, Ini 5 Dampak Lain Stres terhadap Kesehatan 

Asma merupakan penyakit pernapasan yang akan muncul ketika ada pemicunya. Berdasarkan keterangan dari AGEN POKER ONLINE TERBAIK, dorongan emosi yang kuat seperti tertawa, menangis, takut dan marah bisa menjadi pemicu asma. Begitu pula dengan stres dan serangan panik.

Hal ini dapat terjadi karena ketika seseorang mengalami dorongan emosi yang kuat, ritme pernapasan akan semakin meningkat meskipun kamu tidak memiliki riwayat asma. Dengan demikian, risiko munculnya gejala pernapasan seperti sesak napas pun juga ikut meningkat.

5. Penyakit jantung

Selain Masalah Kulit, Ini 5 Dampak Lain Stres terhadap Kesehatan 

Stres secara emosional bisa memberikan dampak yang lebih buruk bagi kesehatan, yakni meningkatkan risiko penyakit jantung.

Stres dapat menjadi penyebab utama meningkatnya tekanan darah. Bagi sebagian orang, kondisi ini sangat bisa memperparah risiko terjadinya serangan jantung dan stroke, sama halnya dengan merokok, makan berlebih, serta kurangnya aktivitas fisik.

Dengan demikian, mengelola stres sangatlah penting untuk menjaga kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan.

Itulah lima dampak stres terhadap kesehatan kita. Cukup serius, bukan? Maka dari itu, yuk, belajar untuk mengelola stres dengan baik!

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *