AsliDomino – Sama-sama termasuk di dalam famili Asteraceae, bunga arnica (Arnica montana) memiliki kemiripan dengan bunga daisy. Banyak ditemukan di pegunungan di Eropa Utara, Eropa Tengah, dan Siberia, bunga arnica konon telah digunakan sebagai pengobatan alami (homeopati) untuk sendi dan luka lebam sejak abad ke-16.

Artikel ini akan mengulas mengenai potensi manfaat bunga arnica untuk kesehatan tubuh, khususnya untuk mereka yang memiliki penyakit sendi dan tulang seperti osteoartritis. Untuk lebih jelasnya, yuk, kita simak apa saja kegunaan bunga arnica termasuk risikonya.

1. Pengobatan alami untuk osteoartritis

Bukan Bunga Biasa, Ini 5 Potensi Bunga Arnica untuk Kesehatan

Osteoartritis (OA) atau penyakit sendi degeneratif adalah sebuah kondisi ketika sendi mengalami peradangan dan kekakuan akibat tulang rawan yang rusak. Kondisi ini umumnya terjadi pada kelompok lanjut usia (lansia), tetapi bisa juga dialami usia yang lebih muda. Bagian tubuh yang sering terdampak OA adalah lutut, pinggang, dan tangan

2. Alternatif obat selain ibuprofen dalam mengobati nyeri sendi akibat osteoartritis

Bukan Bunga Biasa, Ini 5 Potensi Bunga Arnica untuk Kesehatan

Mengutip sebuah laporan ilmiah dalam jurnal AGEN POKER ONLINE TERBAIK, salep yang mengandung bunga arnica dapat digunakan sebagai alternatif ibuprofen untuk mengobati nyeri dan kaku pada bagian tangan akibat OA.

Senyawa helenelin dan sesquiterpene lactones  yang terdapat di bunga arnica mengandung sifat antiinflamasi, yang mana ini dapat mengurangi rasa nyeri pada tangan.

3. Mengurangi iritasi luka pascaoperasi

Bukan Bunga Biasa, Ini 5 Potensi Bunga Arnica untuk Kesehatan

Obat diclofenac dapat digantikan dengan arnica D4 untuk mengurangi iritasi luka usai operasi. Selain itu, obat arnica D4 secara harga lebih ekonomis dibanding diclofenac.

4. Berpotensi untuk mengurangi pembengkakan pada tubuh usai operasi

Bukan Bunga Biasa, Ini 5 Potensi Bunga Arnica untuk Kesehatan

Bunga arnica juga berpotensi untuk mengurangi pembengkakan tubuh pascaoperasi. Khasiatnya sama dengan obat steroid dexamethasone yang disuntikkan ke dalam pembuluh darah pasien.

Bunga arnica memiliki kemampuan yang sama dengan dexamethasone, khususnya dalam mengurangi bengkak di masa awal setelah operasi. Hanya saja, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

5. Mempercepat proses penyembuhan sakit tenggorokan setelah operasi

Bukan Bunga Biasa, Ini 5 Potensi Bunga Arnica untuk Kesehatan

Berdasarkan AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, hasil dua studi kasus yang dilakukan di rumah sakit Agrinion di Yunani menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi tiga dosis Arnica montana 200CH selama 36 jam mengalami keringanan pada gejala sakit tenggorokan setelah operasi.

Demikianlah potensi manfaat bunga arnica untuk kesehatan. Bunga ini dipakai sebagai alternatif obat untuk mengurangi rasa sakit bagi orang-orang dengan osteoartritis, meredakan nyeri dan kaku pada bagian tangan, terutama bila tidak ingin mengonsumsi ibuprofen.

Bunga arnica juga memiliki potensi sebagai alternatif obat pascaoperasi, khususnya untuk meredakan bengkak dan meringankan efek samping seperti sakit tenggorokan.

Konsumsi bunga arnica dalam bentuk tablet harus dengan pengawasan dari dokter dan konsultasikan dulu sebelum mengonsumsinya.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *