AsliDomino – Kanada mempunyai banyak gereja dengan arsitektur menarik dan berhasil menarik perhatian para pengunjung. Salah satunya di Toronto, yang merupakan salah satu kota terkenal di Kanada.

Banyak di antaranya yang telah berusia ratusan tahun, namun tetap berdiri kokoh. Meskipun mengalami renovasi, gereja ini tetap mempertahankan arsitektur yang telah ada. Berikut lima gereja paling menakjubkan di Toronto-Kanada yang bikin terpukau!

1. Holy Name Parish

5 Gereja Menakjubkan di Toronto-Kanada yang Bikin Terpukau!

Holy Name Parish merupakan gereja yang dibangun antara rahun 1912 dan 1926. Bangunan ini pernah dirancang oleh Arthur W. Holmes yang membuatnya menyerupai Basilica di Santa Maria Maggiore di Roma

Interior dari gereja mencakup serangkaian tujuh gambar relief. Relief tersebut menunjukkan berbagai momen di hari terakhir kehidupan Yesus. Sedangkan jendela kaca patri menunjukkan bagian Alkitab yang berbeda.

2. Trinity-St. Gereja Persatuan Paulus

5 Gereja Menakjubkan di Toronto-Kanada yang Bikin Terpukau!

Trinity-St. Gereja Persatuan Paulus merupakan gereja yang terletak di jantung lingkungan Annex. Gereja ini dibangun pada tahun 1889. Bangunan ini mengalami beberapa kali renovasi sehingga meningkatkan aksesibilitas dan suara akustik.

Yang tak kalah menarik, gereja ini dibangun dengan gaya Kebangkitan Romawi dengan batu-batu yang digali dari Port Credit. Sekarang Trinity-St. Gereja Persatuan Paulus ditetapkan sebagai Bangunan Warisan oleh Dewan Sejarah Toronto yang mendukung berbagai kegiatan keadilan sosial, forum pendidikan, pertunjukan, dan seni.

3. Gereja Metropolitan United

5 Gereja Menakjubkan di Toronto-Kanada yang Bikin Terpukau!

Gereja Metropolitan United merupakan gereja terbesar di pusat kota Toronto. Bangunan aslinya dirancang oleh Henry Langley pada tahun 1872 dengan gaya High-Victoria yang mempunyai 23 lonceng.

Terjadi musibah kebakaran pada Januari 1928 yang menghancurkan sebagian besar gereja. Sekarang satu-satunya yang tersisa adalah menara.

Pada tahun 1929, gereja direnovasi oleh arsitek yang bernama John Gibb Morton. Arsitek tersebut mendesain ulang gereja dengan gaya katedral Inggris dengan chancel, clerestory, dan kolom samping yang dalam.

4. Gereja Tritunggal Mahakudus

5 Gereja Menakjubkan di Toronto-Kanada yang Bikin Terpukau!

Gereja Tritunggal Mahakudus berlokasi di Trinity Square. Gereja ini dibangun pada tahun 1847 oleh Henry Bowyer Lane dengan gaya neo-gothic. Denah lantai pada gereja dirancang dalam bentuk salib Latin yang merupakan motif yang sering diulang dalam desain gereja.

Gereja ini mencakup beberapa fakta unik seperti menara segi delapan yang kembar. Menara ini pernah digunakan sebagai suar navigasi.

5. Church of the Messiah

5 Gereja Menakjubkan di Toronto-Kanada yang Bikin Terpukau!

Church of the Messiah terletak di The Annex. Gereja ini merupakan gereja Anglikan yang dibangun pada tahun 1891 oleh sekelompok perintis dari gereja lain di dekatnya. Bangunan gereja dirancang oleh Gordon & Helliwell.

Gereja ini pernah mengalai bencana kebakaran pada tahun 1976 yang membuatnya harus direnovasi seluruhnya.

Dari kesekian gereja yang ada di Toronto, mana nih yang menarik buat kalian?

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *