AsliDomino – Ke mana kamu akan pergi jika mendapatkan kesempatan untuk liburan ke Turki? Kebanyakan orang mungkin akan memilih Istanbul sebagai tujuannya. Gak salah sih, karena kota satu ini memang luar biasa.

Tetapi Turki bukan cuma punya Istanbul aja. Lebih dari itu, negara satu ini adalah gudangnya kota-kota indah yang tersebar di berbagai wilayah. Nah buat kamu yang punya rencana liburan ke Turki, 5 kota terindah di Turki berikut wajib kamu kunjungi!

1. Bursa

5 Kota Terindah di Turki yang Wajib Dikunjungi, Awas Terpesona!

Menjadi kota keempat terbesar di Turki, Bursa menjadi kota yang wajib masuk dalam list kunjungan kamu. Menurut AGEN POKER ONLINE TERBAIK
, pada masa Kekaisaran Ottoman, kota Bursa merupakan ibu kota pemerintahan. Ratusan tahun berlalu, kota Bursa belum kehilangan pesonanya.

Di kota ini, kamu bisa berkunjung ke Cumalıkızık, sebuah desa peninggalan Kekaisaran Ottoman yang masih bertahan hingga sekarang. Khusus buat kamu yang datang di musim dingin, resor ski di Gunung Uluda tidak boleh dilewatkan.

Terakhir, kamu juga bisa berburu oleh-oleh di Kayhaan Bazaar. Di sini, kamu bisa menemukan lukisan, kaligrafi, keramik, beragam barang antik, hingga suvenir untuk dibawa pulang.

2. Cappadocia

5 Kota Terindah di Turki yang Wajib Dikunjungi, Awas Terpesona!

Dari sekian banyak kota di Turki, Cappadocia jelas menjadi kota wajib bagi para turis. Kota satu ini terutama terkenal akan wisata balon udara.

Setelah puas naik balon udara, kamu gak boleh langsung pulang. Buat kamu yang belum tahu, di masa lalu ada banyak orang Cappadocia yang tinggal di kota bawah tanah.

Kota-kota itu kini memang sudah tidak ditinggali lagi, tetapi kamu tetap bisa merasakan sensasinya dengan menginap di salah satu hotel batu yang banyak tersebar di sekitar tempat wisata balon udara. Jangan lupa bangun pagi untuk menikmati matahari terbit ya, dijamin kamu pasti terpesona!

3. Kaş

5 Kota Terindah di Turki yang Wajib Dikunjungi, Awas Terpesona!

Terletak di tepi pantai Mediterania, Kaş sebenarnya merupakan sebuah desa nelayan yang tenang. Meski suasananya cukup tenang, bukan berarti tempat ini membosankan. Menurut Cleartrip, Kaş sendiri sangat terkenal akan wisata bawah lautnya.

Kabar baik buat kamu yang gak punya pengalaman menyelam sebelumnya, kamu tetap bisa melihat keindahan bawah laut Kaş. Caranya adalah dengan mendaftarkan diri ke sekolah menyelam. Mereka bukan hanya akan mengajari kamu menyelam, tetapi juga memberi kamu tur beserta pemandu yang akan menemani kamu selama berada di bawah air.

Selesai menyapa ikan-ikan, kamu bisa beristirahat sambil menikmati teh dan kue khas Turki di kafe-kafe kecil yang ada di sekitar pantai, sebelum melanjutkan perjalanan menyusuri situs kuno seperti Antiphellos Theatre.

4. Izmir

5 Kota Terindah di Turki yang Wajib Dikunjungi, Awas Terpesona!

Sedikit lebih besar dari Bursa, Izmir merupakan kota ketiga terbesar di Turki dengan populasi sebanyak 2,9 juta jiwa. Di masa Kekaisaran Romawi hingga Ottoman, Izmir menjadi kota pelabuhan penting sepanjang jalur Mediterania.

Hari ini, kota Izmir dipenuhi situs kuno, gereja, masjid tua, serta museum bersejarah. Ada juga beberapa pantai yang bisa kamu kunjungi untuk sekedar menyaksikan matahari terbenam.

Lelah main di pantai, kamu bisa mengisi perut di restoran dan kafe yang berderet dekat pantai.

5. Istanbul

5 Kota Terindah di Turki yang Wajib Dikunjungi, Awas Terpesona!

Terakhir dan yang paling populer, Istanbul! Terletak diantara dua benua, Istanbul merupakan gudangnya bangunan bersejarah peninggalan Kesultanan Ottoman.

Kamu bisa beribadah di masjid bersejarah Hagia Sophia atau masjid biru Sultan Ahmed, melihat koleksi peninggalan Nabi Muhammad SAW beserta nabi lainnya di Topkapi Palace, atau menyusuri Selat Bosphorus.

Untuk urusan perut, kamu bisa mencicipi aneka street food khas Turki di Istiklal Caddesi. Terakhir, jangan lupa berburu oleh-oleh di Grand Bazaar, sebuah pasar tradisional Turki berusia 550 tahun.

Memilih Turki sebagai destinasi liburan selalu menjadi pilihan yang tepat, terutama untuk turis muslim. Pasalnya, Turki merupakan negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Dijamin kamu gak akan pernah kesulitan mencari tempat ibadah atau makanan halal selama liburan di sana!

 

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *