AsliDomino – Kucing termasuk salah satu hewan peliharaan yang paling populer di seluruh dunia. Selain karena parasnya yang menggemaskan, tingkah laku kucing juga sangat lucu. Tak heran jika banyak sekali orang yang memelihara kucing walau harus rela mengeluarkan biaya yang tak sedikit.

Namun, terdapat beberapa kelalaian yang mungkin tak sengaja dilakukan oleh para cat owner, yaitu memberikan obat-obatan manusia kepada kucing. Padahal, kucing sendiri tak boleh mengonsumsi obat-obatan tersebut, sekalipun dosisnya hanya sedikit. Hal tersebut tak lepas dari fisiologis manusia dan kucing yang 100 persen berbeda.

Selain itu, obat-obatan yang tampak ringan pada manusia bisa saja menyebabkan efek yang serus pada kucing kesayanganmu itu. Berikut ini 5 obat-obatan yang tak boleh diberikan kepada kucing, ya.

1. Paracetamol

5 Obat-obatan yang Tak Boleh Diberikan ke Kucing, Jangan Keliru!Jika seseorang sedang demam, biasanya paracetamol akan menjadi favorit sebagai obat penyembuh. Namun, perlu diingat bahwa paracetamol tidak bisa diberikan kepada kucing dalam keadaan demam. jika seekor kucing mengonsumsi parasetamol, hal tersebut dapat berakibat sangat fatal bagi kesehatan kucing.

Bukan malah sembuh, kucing yang demam dan kemudian mengonsumsi paracetamol hanya akan memperburuk kondisi kesehatan kucing tersebut. Biasanya, kucing yang mengalami keracunan obat tersebut akan mengalami beberapa gejala seperti muntah, wajah dan cakar yang bengkak, warna kulit yang berubah seketika, hingga depresi. Jika kondisinya tak fatal, lama dari pemulihan kucing itu bisa mencapai 12 hingga 21 hari.

2. Anti-depresan

5 Obat-obatan yang Tak Boleh Diberikan ke Kucing, Jangan Keliru!

Pada dasarnya, kecil kemungkinan manusia akan memberikan anti-depresan kepada kucingnya. Namun, aroma obat-obatan anti-depresan yang memikat seperti Prozac, Zoloft, dan Cymbalta kadang-kadang membuat seekor kucing tertarik untuk mendekatinya. Hal tersebut membuat kucing tertarik untuk menjilati obat tersebut.

3. Ibuprofen

5 Obat-obatan yang Tak Boleh Diberikan ke Kucing, Jangan Keliru!

Ibuprofen merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi nyeri otot, sakit kepala, sakit punggung, hingga peradangan pada bagian tubuh lainnya. Ibuprofen sendiri merupakan obat-obatan yang tak boleh dikonsumsi oleh kucing. Kucing sendiri tak bisa melakukan metabolisme terhadap obat tersebut sehingga rentan menyebabkan keracunan.

Keracunan ibuprofen pada kucing dapat menyebabkan gagal lambung dan penyakit pada ginjal serta hati. Adapula beberapa gejala kucing yang mengalami keracunan ibuprofen, yaitu muntah yang biasanya diikuti oleh darah, diare, dan bahkan koma.

4. Pil KB dan suntik KB

5 Obat-obatan yang Tak Boleh Diberikan ke Kucing, Jangan Keliru!

Banyak orang yang masih menganggap bahwa pil KB dan suntik KB dapat menjadi solusi agar kucing tidak mudah melahirkan. Padahal, kucing tidak mengalami menstruasi layaknya manusia sehingga pil KB dan suntik KB dapat menyebabkan beberapa kerusakan organ pada kucing. Kucing dapat mengalami tumor dan kerusakan pada rahim jika mengonsumsi pil KB atau disuntik KB.

Pil KB juga dapat menyebabkan payudara bengkak pada kucing. Jika kucing tersebut mengonsumsi pil KB atau disuntuk KB saat sedang mengandung janin, kecil kemungkinan anak kucing tersebut dapat selamat saat sang induk melahirkannya.

5. Benzodiazepine

5 Obat-obatan yang Tak Boleh Diberikan ke Kucing, Jangan Keliru!

Benzodiazepine merupakan obat penenang atau sedatif yang biasanya digunakan untuk mengatasi kecemasan yang berlebihan, insomnia, atau serangan panik yang dialami oleh manusia. Jika kucingmu selalu aktif di setiap waktu, jangan sesekali untuk memberikan obat ini, ya! Pasalnya, kucing yang mengonsumsi ini bisa sesak nafas dan tak sadarkan diri.

Nah, itu dia 5 obat-obatan manusia yang tak boleh dikonsumsi oleh kucing. Bukan berarti obat-obatan selain di atas bisa dikonsumsi oleh hewan kucing. Pada intinya, kamu tidak boleh memberikan obat-obatan yang biasa dikonsumsi manusia kepada kucing ya karena fisiologis manusia dan kucing pasti berbeda.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *