AsliDomino – Konsumsi makanan tinggi kalori yang terakumulasi dalam jangka waktu panjang telah diketahui sebagai kontributor utama kegemukan dan obesitas. Oleh karenanya, banyak orang yang cenderung menghindari konsumsi makanan tinggi kalori, seperti gorengan, makanan cepat saji, atau produk daging olahan untuk mencegah berat badan membengkak.

Namun, kita sering kali melakukan beberapa kebiasaan sepele, yang diam-diam bikin berat badan naik. Inilah kebiasaan-kebiasaan tersebut.

1. Penambahan kondimen berlebihan

Tampak Sepele, 5 Kebiasaan Ini Diam-diam Bikin Berat Badan Naik

Kondimen seperti saus, kecap, atau dressing dapat menambah cita rasa makanan. Sekilas, kondimen tampak mengandung kalori yang sangat kecil. Namun, faktanya total energi dan gula di dalam kondimen per satu sendok makan terbilang cukup tinggi.

Menurut keterangan dari AGEN POKER ONLINE TERBAIK
, satu sendok makan saus tomat mengandung 4,1 gram gula, yang setara dengan satu sendok makan. Di sisi lain, satu sendok makan mayones mengandung 104 kkal dan 11,3 gram lemak. Apabila mengonsumsi 3 sampai 4 sendok makan kondimen, maka total kalorinya berpotensi menyaingi kandungan kalori dalam satu porsi makanan utama.

2. Melewatkan sarapan

Tampak Sepele, 5 Kebiasaan Ini Diam-diam Bikin Berat Badan Naik

Harus diakui, rutinitas padat pada bisa menyita waktu dan membuat kita sering kali melewatkan sarapan. Bila dilakukan terus-menerus, ini bisa menjadi malapetaka.

Ini karena sarapan disinyalir dapat mengendalikan rasa lapar. Oleh karena itu, kita jadi cenderung merasa lebih lapar bila tidak sarapan. Ini memicu keinginan untuk ‘balas dendam’ dengan mengonsumsi makanan dalam porsi besar saat makan siang.

3. Konsumsi minuman kemasan

Tampak Sepele, 5 Kebiasaan Ini Diam-diam Bikin Berat Badan Naik

Sebagian besar orang menyukai minuman kemasan untuk melepas dahaga. Namun, mereka kerap menyepelekan kandungan kalori dalam satu botol atau kaleng minuman. Padahal, total energinya bisa setara dengan seporsi nasi putih.

Menurut AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA menemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi setidaknya satu porsi minuman kemasan mengalami kenaikan berat badan hingga 0,5 kg dalam 4 tahun.

4. Begadang

Tampak Sepele, 5 Kebiasaan Ini Diam-diam Bikin Berat Badan Naik

Ketika bergadang, kita cenderung merasa lapar sehingga tak punya pilihan selain mengonsumsi makanan praktis, misalnya keripik atau makanan cepat saji. Sayangnya, satu porsi makanan cepat saji mengandung tinggi kalori. Jika terakumulasi dalam jangka waktu lama, ini dapat menstimulasi kenaikan berat badan.

5. Menggunakan piring atau mangkuk besar

Tampak Sepele, 5 Kebiasaan Ini Diam-diam Bikin Berat Badan Naik

Salah satu metode untuk mengontrol porsi makan adalah dengan menggunakan peralatan makanan berukuran lebih kecil. Ini karena ukuran peralatan makan, terutama piring dan mangkuk, berpengaruh terhadap porsi makanan yang dikonsumsi. Dilansir Independent, penggunaan piring yang lebih kecil memangkas 16 persen kalori individu atau setara dengan 280 kalori.

Itulah beberapa kebiasaan sepele yang ternyata diam-diam berpotensi bikin berat badan naik. Yuk, segera ubah kebiasaan tersebut! Jangan lupa juga untuk mengimbanginya dengan konsumsi pola makan seimbang dan olahraga rutin supaya kamu bisa mencapai berat badan yang sehat.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *