AsliDomino – Otak adalah salah satu organ penting manusia yang menjadi pusat kendali sistem saraf dan berfungsi sebagai pengendali seluruh fungsi tubuh manusia. Maka gak heran jika otak mengontrol aktivitas tubuhmu mulai dari penglihatan, emosi, ucapan, gerakan dan fungsi tubuh lainnya.

Secara gak sadar, baik atau tidak kesehatan otakmu dipengaruhi oleh kebiasaan yang kamu lakukan sehari-hari, lho! Jika kebiasaan ini dilakukan terus-menerus, maka bisa memicu kerusakan pada otak. Ini dapat meningkatkan risiko penyakit otak seperti alzheimer, penyakit otak yang menyebabkan menurunnya daya ingat, hingga penyakit serius lainnya. Berikut ulasannya.

1. Memutar musik terlalu keras dengan earphone

Tanpa Kamu Sadari, 8 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Otak

Apakah kamu salah satu orang yang hobi mendengarkan musik lewat earphone? Hal tersebut sah-saja saja dilakukan asal dengan volume yang standar. Jika kamu mendengarkan dengan volume terlalu keras dalam waktu 30 menit, hal itu bisa merusak pendengaran secara permanen, lho.

Dilansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK, bukan hanya gangguan pada telinga, tetapi kebiasaan ini bisa memicu gangguan pendengaran pada orang dewasa yang lebih tua. Hal ini terjadi akibat otakmu harus bekerja sangat keras untuk memahami apa yang dikatakan di sekitarmu sehingga tidak dapat menyimpan apa yang kamu dengar ke dalam memori otak.

2. Makan berlebihan

Tanpa Kamu Sadari, 8 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Otak

Makan terlalu banyak ternyata gak hanya meningkatkan risiko obesitas. Siapa sangka jika makan berlebihan juga dapat menggangu kesehatan otak?

Beberapa penelitian mengaitkan makan berlebihan dan obesitas, berhubungan dengan penurunan mental pada orang dewasa, dibandingkan dengan mereka yang tidak makan berlebihan.

3. Melewatkan sarapan

Tanpa Kamu Sadari, 8 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Otak

Sarapan adalah waktu makan di pagi hari yang sebaiknya tidak kamu lewatkan. Sarapan penting untukmu sebagai sumber energi. Perlu kamu catat bahwa kebiasaan melewatkan sarapan ternyata dapat menganggu kesehatan otak.

4. Kurang tidur

Tanpa Kamu Sadari, 8 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Otak

Selain kebiasan melewatkan sarapan, kurang tidur juga dapat menurunkan kinerja otak. Inilah mengapa seseorang yang kurang tidur pasti merasa kelelahan dan kurang berkonsentrasi dalam bekerja atau melakukan aktivitas lainnya.

5. Duduk terlalu lama

Tanpa Kamu Sadari, 8 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Otak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa saat kita tidak bergerak untuk waktu yang lama semuanya akan melambat, termasuk fungsi otak. Hal ini terjadi karena otot-otot yang bergerak memompa darah dan oksigen segar melalui otak dan memicu pelepasan segala macam zat kimia yang meningkatkan suasana hati dan otak.

6. Merokok

Tanpa Kamu Sadari, 8 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Otak

Bukan menjadi hal yang mengejutkan lagi jika kebiasaan merokok memang sangat berdampak buruk bagi kesehatan. Selain meningkatkan risiko penyakit jantung, paru-paru dan kanker. Merokok juga meningkatkan risiko demensia, suatu kondisi yang mengakibatkan penurunan daya ingat dan cara berpikir.

Dilansir AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA,semakin lama kamu merokok maka semakin tinggi risiko kehilangan volume otak terkait usia yang lebih besar. Para peneliti menemukan bahwa merokok berdampak buruk pada integritas struktural daerah otak subkortikal.

7. Menutup kepala saat tidur

Tanpa Kamu Sadari, 8 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Otak

Bagi sebagian orang mungkin tidur mereka terasa nyaman ketika menutup kepala dengan selimut, hingga menjadi sebuah kebiasaan. Namun, tanpa disadari bahwa tidur dengan kepala tertutup selimut dapat menganggu kesehatan otak, lho!

8. Mengonsumsi terlalu banyak gula

Tanpa Kamu Sadari, 8 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Merusak Otak

Seperti yang diketahui bahwa makanan manis mengandung gula yang cukup tinggi. Kebiasaan mengonsumsi terlalu banyak gula nyatanya juga dapat menghambat perkembangan otak. Bagi kamu pecinta makanan manis sepertinya harus segera membatasi asupan gula, nih.

Well, agar kinerja otakmu dapat bekerja dengan baik dan seimbang lakukan pola makan yang sehat dan istirahat yang cukup. Jangan lupa meluangkan sedikit waktumu untuk berolahraga agar tubuh tetap bugar.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *