AsliDomino – Di zaman yang semakin maju, hampir semua orang menggunakan smartphone, baik pengusaha, orang kantoran, anak sekolahan, mahasiswa ataupun ibu rumah tangga. Bahkan, smartphone menjadi hal yang wajib dibawa kemana-mana karena memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan siapapun.

Tetapi, ternyata ada yang perlu kita perhatikan. Ketika smartphone selalu ada setiap saat bersamu, kamu tidak boleh menyimpannya di sembarang tempat karena nyatanya bisa menyebabkan gangguan masalah kesehatan, lho!

Berikut ini 5 tempat terlarang untuk menyimpan smartphone karena berpotensi mengganggu kesehatan. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Saku celana

5 Tempat Terlarang untuk Menyimpan Smartphone, Jangan Disepelekan

Smartphone dalam kondisi masih aktif dan disimpan di saku celana dapat meningkatkan radiasinya berkali-kali lipat. Penelitian telah menunjukkan bahwa radiasi elektromagnetik telepon mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma pada pria.

Jika selalu menyimpan di saku celana, maka dapat memicu pertumbuhan tumor dan menurunkan kesuburan pada pria. Sebaiknya, masukkan ke dalam tas jika kamu membawa tas atau aktifkan mode pesawat dahulu sebelum menyimpan di saku celanamu, ya!

2. Bawah bantal

5 Tempat Terlarang untuk Menyimpan Smartphone, Jangan Disepelekan

Radiasi smartphone bisa memengaruhi susunan saraf manusia hingga dapat menyebabkan kanker atau tumor, terutama pada anak-anak yang kulit kepala dan tengkoraknya lebih tipis daripada orang dewasa sekaligus lebih rentan terhadap radiasi.

Seorang ilmuwan kesehatan lingkungan, Dr. Devra Davis mengatakan bahwa paparan radiasi dari smartphone dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak. Sel-sel otak yang rusak membuat risiko terjangkitnya berbagai jenis penyakit meningkat karena otak adalah pusat pengendalian tubuh.

3. Kamar mandi

5 Tempat Terlarang untuk Menyimpan Smartphone, Jangan Disepelekan

Tidak sedikit orang yang susah lepas dari smartphone sehingga membawanya juga saat ke kamar mandi. Kebiasaan ini tidak baik bagi kesehatanmu.

Membawa ponsel ke dalam kamar mandi dapat menyebabkan bakteri-bakteri yang ada di kamar mandi akan menempel di ponselmu. Selain itu, bakteri salmonela dan clostridium difficile dapat menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan.

4. Dekat dengan wajah

5 Tempat Terlarang untuk Menyimpan Smartphone, Jangan Disepelekan

Ketika sedang menelepon, biasanya ponsel akan ditempelkan di telinga. Otomatis ponsel akan menempel di wajah dan ternyata itu tidak baik untuk kesehatan kulitmu, lho. Cahaya yang dihasilkan oleh ponsel bisa menyebabkan kulitmu keriput dan kerusakan di bagian pipi, dagu, dan dekat lehermu.

Lama-lama akan muncul pigmen hitam di area tersebut. Sebaiknya, gunakan earphone atau loudspeaker saja, ya, agar lebih aman untuk kulit.

5. Tempat panas

5 Tempat Terlarang untuk Menyimpan Smartphone, Jangan Disepelekan

Jika kamu sering memainkan smartphone saat matahari terik, sebaiknya mulai sekarang hindari kebiasaan itu, ya. Suhu panas menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen yang ada di dalam smarphone dan bisa mengakibatkan kerusakan permanen.

Selain di terik matahari, hindari juga menyimpan smartphone di dekat kompor, microwave, atau di dalam mobil. Suhu yang aman untuk menyimpan smartphone yang aman adalah suhu ruang, yaitu sekitar 23 derajat celcius.

Itulah 5 tempat yang dilarang untuk menyimpan smartphone. Wah, ternyata menyimpan smartphone tidak boleh di sembarang tempat, ya. Mulai sekarang wajib mulai diperhatikan lagi, ya!

 

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *