AsliDomino – Obesitas adalah salah satu masalah kesehatan umum yang ditandai dengan persentase lemak tubuh yang tinggi. Kondisi ini perlu perhatian khusus, khususnya untuk mengubah kebiasaan makan dan gaya hidup.

Menurut keterangan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), kegemukan atau obesitas adalah peningkatan makanan tinggi energi, pola makan yang buruk seperti konsumsi kadar lemak jenuh dan gula tinggi, serta tidak diimbangi dengan aktivitas fisik.

Obesitas dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti penyakit kardiovaskular, hipertensi, dan stroke. Kabar baiknya, obesitas bisa dicegah dengan berbagai cara. Inilah tips mudah untuk mencegah berat badan berlebih atau obesitas.

1. Membatasi konsumsi junk food

Tips untuk Mencegah Obesitas atau Kegemukan, yuk, Simak!

Pasti sudah tidak asing lagi dengan junk food, fast food, atau makanan cepat saji. Ini merupakan jenis makanan yang tidak sehat karena tinggi akan kalori, lemak jenuh, gula, dan garam tambahan.

Makanan dan minuman yang dianggap junk food yaitu makanan ringan asin, minuman berkarbonasi, makanan penutup yang manis, dan makanan cepat saji yang digoreng. Konsumsi junk food tidak secara langsung menimbulkan masalah kesehatan apabila dikonsumsi secara terus-menurus dan tidak diimbangi dengan konsumsi diet seimbang.

2. Mulai berolahraga dengan intensitas rendah

Tips untuk Mencegah Obesitas atau Kegemukan, yuk, Simak!

Obesitas merupakan ketidakseimbangan antara kebutuhan energi dengan konsumsi energi. Konsumsi energi yang berlebih dan tidak diimbangi dengan aktivitas fisik meningkatkan risiko obesitas.

Olahraga mempunyai banyak manfaat termasuk membangun suasana hati dan mengurangi risiko penyakit kronis. Program latihan dilakukan secara bertahap dimulai dari olahraga dengan intensitas rendah seperti berjalan kaki dengan jarak tertentu.

3. Mengonsumsi serat tinggi

Tips untuk Mencegah Obesitas atau Kegemukan, yuk, Simak!

Bahan makanan yang tergolong dalam serat tinggi adalah sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Mengonsumsi makanan dengan kandungan serat tinggi dapat meningkatkan intensitas rasa kenyang. Selain itu, buah dan sayuran mengandung kadar air yang tinggi dan kepadatan energi yang rendah.

4. Cukup tidur

Tips untuk Mencegah Obesitas atau Kegemukan, yuk, Simak!

Tidur juga mempunyai peran untuk mencegah obesitas. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), orang dewasa usia di atas 18 tahun direkomendasikan untuk tidur setidaknya 7 jam setiap malamnya.

Menurut AGEN POKER ONLINE TERBAIK menunjukkan bahwa durasi tidur yang pendek berkaitan dengan peningkatan grelin (hormon lapar) dan penurunan kadar leptin (hormon kenyang). Perubahan hormonal ini menyebabkan peningkatan nafsu makan.

5. Santai

Tips untuk Mencegah Obesitas atau Kegemukan, yuk, Simak!

Orang yang mengalami stres kronis dapat mengalami penambahan berat badan. Naiknya berat badan akibat stres disebabkan oleh kadar hormon kortisol yang terlalu tinggi. Hormon ini bisa mendorong keinginan seseorang untuk mengonsumsi makanan jadi meningkat.

Maka dari itu, cobalah untuk mengelola stres dengan baik. Misalnya dengan melakukan aktivitas yang disukai, meditasi, olahraga ringan, atau mengobrol dengan sahabat atau keluarga.

Obesitas bisa disebabkan karena berbagai faktor, umumnya pola makan dan aktivitas fisik. Menerapkan pola makan sehat bergizi seimbang dan rutin berolahraga akan membawa dampak baik bagi kesehatan secara keseluruhan, salah satunya mencegah obesitas. Apabila ini sudah dilakukan tetapi masih mengalami kenaikan berat badan, sebaiknya konsultasikan ke dokter atau ahli gizi.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *